Tuesday, August 25, 2009

Puasa Sambil Menyusui

Alhamdulillah, tiga hari kemarin, masih bisa puasa penuh, dan masih tetap bisa bawa pulang ASIP.
Awalnya sempat ragu apakah mau puasa atau tidak , karena memang ada keringanan kan untuk ibu menyusui, terlebih karena melihat histori tahun lalu ketika hamil terpaksa tidak puasa selama sekitar 7 hari karena mual berat.
Apalagi Wafiq tinggal sebentar lagi saja ASI Ekslusif nya. Sekarang umurnya sudah 5 bulan 1 minggu 4 hari.
Setelah baca-baca literatur di selasi.net dan di infobunda Insya Allah jadi mantap untuk tetap berpuasa saja.
Pada prinsipnya kan produksi ASI itu sesuai demand. jadi semakin sering dikeluarkan ya akan semakin banyak diproduksi. Dan untuk memproduksi ASI, tubuh akan mengambil cadangan makanan dari si Ibu. Sehingga selama Ibu tercukupi gizinya tidak akan terjadi kekurangan ASI, kecuali pada kasus kekurangan gizi berat sehingga sudah tidak ada lagi cadangan gizi tersisa pada si Ibu. Kalau aku kan nggak yang sampai separah itu kan..
Lha wong sahur dan buka masih tetep bisa makan banyak dan bergizi.

Dan bismillah ... dimulai untuk puasa. Jadwal pumping di kantor tetap seperti biasanya. Meskipun volumenya tidak sebanyak jika tidak puasa. Selain itu tambah jadwal pumping setelah sahur dan setelah buka puasa.
Alhamdulillah, sampai hari ini tidak ada masalah. Justru aku kok merasa kuantitas ASInya jadi lebih banyak ya. Mungkin karena jadwal pumping di tambah dan kesadaran untuk konsisten makan yang bergizi jadi lebih baik karena ingat tantangan yang lebih berat.

Berhubung aku bukan tipe yang bisa makan sekaligus dalam jumlah besar, jadi aku pakai pola makan sbb :
- buka puasa - minum manis (tiga hari ini minum es buah campur), cemilan atau makan dalam porsi kecil
- setelah shalat maghrib - sambil menunggu saat tarawih - minum jus buah
- setelah tarawih - makan pokok dengan porsi normal - minum jus buah
- jam 10 malam sebelum tidur, minum susu
- tengah malam setelah menyusui, minum manis atau minum jus buah.

Untuk menggantikan cairan tubuh aku memang memilih untuk bikin jus, karena praktis ya, langsung minum. Jadi biasanya aku bikin sekalian dalam jumlah yang agak banyak, kira-kira untuk 4-5 kali minum lah, nah kalau mau minum tinggal ambil aja.


1 comment:

Anonymous said...

Jadi pingin ngasih jempollll.... yang banyakkk.... :D
Aku juga melewati masa2 hamil tua 2 kali dengan berpuasa. Yasmin lahir Desember, Salman lahir November. Alhamdulillah sehat semua :D