Thursday, February 07, 2008

Hari-hari terakhir Bapak (part2)

Selasa, 21 Januari 2008
Selasa pagi, badan ini rasanya kok masih nggak beres juga. Meskipun kemarin sudah diberi obat dari dokter, dan sudah diminum 3 kali (siang, malam, trus pagi lagi). Padahal udah dapat ijin untuk ke Pekalongan hari ini. Bingung mau naik apa. Kalau naik kereta yang jam 6, duh..apa bisa ninggalin anak-anak jam segitu. Bisa bikin perang dunia nih, bangun tidur udah ditinggal sama Uminya. Yo wis lah..berangkat pakai kereta yang jam 9 aja. Rencananya naik motor, trus motornya dititipin di stasiun, supaya nanti sore gampang pulang dari stasiunnya. Kan rencananya sore langsung pulang ke semarang lagi, nggak nginep. Ternyata keretanya bukan jam 9 tapi jam setengah sembilan. Umi sampai stasiun jam 08.40, dan ketinggalan kereta deh...Akhirnya tuh motor tetap dititipin di stasiun, lha uminya naik becak disambung bis kota ke pangkalan bis terdekat. Weis..jadi muter-muter nih. Udah gitu pakai acara kunci motornya ketinggalan, masih nempel di motor. Beruntung pak penjaga penitipan motornya baik banget, kuncinya dia susulkan. Untung aja becak yang umi tumpangi belum jauh dari stasiun.
Sampai di pangkalan bis, trus beli tiket, dan..bis baru berangkat jam 09.35. Tapi masya Allah...jalannya pelaaaaannn banget. Waduh..rasanya kok pengin protes ke supirnya...
Walhasil jam setengah duabelas lebih baru sampai di pekalongan. Dijemput mbak nung di terminal, langsung ke rumah.
Ketemu Bapak sama Ibu. Ibu hari ini cuma ke kantor sebentar. Ngobrol-ngobrol sama bapak, terutama mbahas rencana umroh umi&abi. Ceritanya kan Abi dapat penghargaan umroh dari kantor. Alhamdulillah.
Makan siang, Bapak masih belum bisa masuk makanan. Muntah lagi. Bapak kepengin cin-cau. Jadilah aku sama mba nung, nyari di tempat penjual es campur. Beli isinya es campur doang, ada cincau, pepaya, sama roti. Sirupnya pake sirup sendiri, kan Bapak diabet. Di rumah, isiannya dikasih sirup sama air hangat. Baru diminum sesendok, Bapak udah mual lagi. Duh Gusti....sembuhkanlah ayah kami...
Opsi masuk rumah sakit mulai dipikirkan, berhubung sejak hari jumat sampai selasa, tidak ada makanan yang bisa masuk sedikitpun.
Opsi lainnya, diinfus dirumah, untuk mengganti cairan yang hilang.
Umi dan mba Nung ke apotik, beli pedialyte, sejenis cairan elektrolit. Biasanya umi pakai ini sebagai pertolongan pertama kalau anak-anak diare.
Lumayan, dua gelas bisa masuk. Sore setelah itu masuk juga entrasol, 1 gelas. Tapi efeknya, malah bab-nya cair. Ya Allah...sungguh..kesembuhan hanyalah dari-Mu. Karena itulah, hanya kepadaMu kami bermohon.
Sore jam 5, umi pamitan pulang. Sebetulnya pengin nginep. tapi kan pamitnya sama abi&anak-anak cuma sampai sore aja.
Jam 18.45, sampai di rumah dengan selamat.
Jam 8 malem, mba nung telp, kalau Bapak masuk RS. Sebetulnya dokter tidak memerintahkan untuk masuk, tapi Bapak yang menghendaki malam itu juga masuk RS, karena sudah tidak tahan dengan rasa nyeri di perutnya, juga lemas karena kekurangan cairan. Yang ada di rumah Ibu, mba Nung dan mba Rina. Bertiga bingung dengan permintaan Bapak, apalagi sudah malam. Akhirnya dengan diantar Om Edi, tetangga, akhirnya Bapak diantar Ibu dan mba Nung, pergi ke tempat praktek Dr. Kusnanto. Selama ini Bapak rutin kontrol diabet ke beliau. Dari sana, bapak minta rujukan ke RS. Bapak, Ibu, Om Edi langsung ke RS. Mbak Nung balik ke rumah ngambil baju. Aku cuma bisa terus monitor lewat telpon, sambil telpon telpon ke agen travel, nyari travel yang masih ada untuk ke pekalongan. Tapi hasilnya nihil, udah nggak ada kendaraan ke pekalongan. Agen bis juga udah tutup. Ya Allah..padahal Abi masih di Boja, ada acara Outbond. Umi coba kontak, acara nya sampai jam 10 malam baru selesai. Umi telpon mbak Nung lagi, bapak udah dapat kamar, sementara seadanya, sambil nunggu kamar yang lebih baik ada yang kosong. Umi shalat, menghaturkan untaian doa untuk kesembuhan Bapak. Seumur hidup, Bapak itu orang yang pantang mengeluh, termasuk tentang penyakitnya. Ketika kali ini beliau sampai minta untuk ke RS, pastilah rasa sakit itu teramat sangat...Maafkan saya Pak, yang tak bisa langsung menemani malam ini.

No comments: